Revolusi Komputer

Assalamualaikum wr.wb

Kali ini pada postingan yang akan saya sampaikan mengenai revolusi komputer atau sejarah komputer dari generasi pertama hingga generasi sekarang.

Dalam Pengertian yang paling mendasar komputer adalah perangkat yang membantu manusia salam melakukan berbagai macam perhitungan. Dalam hal ini komputer pertama adalah sempoa yang digunkan untuk melakukan operasi aritmatika dasar, Sempoa atau Abacus merupakan awal dari lahirnya komputer. Komputer dalam melakukan prosesnya berbentuk elektronik, yang memungkinkan untuk melakukan perhitungan yang lebih luas dan cepat. Hingga saat ini komputer dapat memproses gambar, suara, teks dan bentuk non-numerik data lainnya. Yang perlu diingat semuanya itu tidak lepas dari perhitungan numerik dasar. Gambar, suara dan lainnya hanyalah sebuah abstaksi dari angka-angka yang berderak di dalam sebuah mesin. Dalam komputer angka-angka tersebut yaitu “1” dan “0” yang mewakili kombinasi listrik aktif dan non-aktif. Dengan kata lain setiap gambar, suara, teks dan lainnya di dalam komputer memiliki kode biner yang sesuai.
Pada perkembangan komputer sudah banyak sekali mengalami perubahan, sudah sebanyak 5 generasi yang mengikuti dalam perubahannya sejak tahun 1940.



PERKEMBANGAN KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1940 -1950).


Pada genearasi ini awal mulanya tercipta komputer adalah akibat adanya perang dunia ke-2. dimana pada saat itu ilmuwan yang berasal dari jeman yang bernama Konrad Zuse, menciptakan sebuah komputer yang diberi nama dengan "K3" yang didesain khusus untuk membuat pesawat dan peluru kendali yang ada pada pesawat tersebut. dan tidak lama kemudian ilmuwan yang berasal dari inggris juga membuat sebuah komputer yang didesain khusus untuk memecahkan kode-kode sandi dari tentara jerman sehingga membuat sekutu menjadi menang akan jerman, dan komputer ini disebut dengan Colossus.

Komputer Generasi Pertama menggunakan beberapa tabung vakum yang besar dan kompleks seperti crystal diodes, relays, resistors, dancapacitors yang membutuhkan daya listrik sebesar 150 kilowatt. Komputer elektronik pertama yang digunakan untuk umum yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Sudah berbentuk digital, namun belum menggunakan kode biner sebagai prosesnya. Digunakan untuk memecahkan rangkaian lengkap tentang masalah komputasi. Diprogram menggunakan plugboard dan switch, yang sudah mendukung input dan output dari IBM card.
KOMPUTER GENERASI KEDUA (1955-1960).


Komputer Generasi Kedua muncul setelah ditemukannya transistor, yang kemudian mulai mengganti tabung vakum dalam desain komputer. Dengan transistor, daya, panas dan bentuk jauh lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Namun, masih jauh lebih besar dengan komputer sekarang ini.

Komputer dengan transistor pertama ini dibuat di University of Manchester pada tahun 1953. Yang paling populer dari komputer transistor generasi kedua ini adalah IBM 1401. IBM juga menciptakan drive pertama (sebuah media penyimpanan) pada tahun 1956, yang dikenal dengan IBM 350 RAMAC.
KOMPUTER GENERASI KETIGA (1960)


Perkembangan komputer pada generasi ini sudah banyak terjadi peningkatan-peningkatan yang pesat, diantaranya adalah kapasitas penyimpanan yang lebih besar, program serbaguna yang mengerjakan tugas-tugas secara otomatis yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia. dan pada generasi ini sudah mulai menggunakan Integrated Circuit (IC) yang membuat ukuran komputer semakin mengecil sehingga sudah nyaman dan bersahabat sekali untuk digunakan.

Dan spesifikasi komputer pada generasi ini sudah semakin lebih baik dari generasi sebelumnya. semua itu ditandai dengan adanya penggunaan Integrated Circuit(IC), penggunaan magnetic core dan penyimpanan utama yang padat (32k-3mbyte), lalu sudah mempunyai I/O yang lebih fleksibel dan ukuran komputer yang semakin mengecil hingga membuat semakin penngguna nyaman dalam menggunakannya dan juga mempunyai bahasa pemrograman tingkat tinggi yang lebih luas. contoh komputer pada generasi ini adalah IBM 1401.
KOMPUTER GENERASI KE EMPAT (1971)


Microchips berbasis Central Processing Unit (CPU) pertama, terdiri dari beberapa microchips untuk komponen CPU yang berbeda. Dorongan untuk integrasi semakin besar dan miniasturisasi dipimpin menuju single-chip CPU, di mana semua komponen CPU yang diperlukan dimasukkan ke sebuah microchips tunggal yang disebutmicroprocessor. Microprocessor pertama yaitu Intel 4004.

Munculnya microprocessor melahirkan evolusi dari microcomputer, bentuk yang akhirnya akan menjadi komputer pribadi yang kita kenal.




PERKEMBANGAN KOMPUTER GENERASI KE LIMA HINGGA SEKARANG


Perkembangan komputer pada generasi ini sudah semakin canggih dan jauh lebih baik dari generasi-generasi sebelumnya dimana komputer ini digunakan untuk memproses data non numeric seperti manipulasi symbol dan menggunakan intelegensi buatan (artificial inteligent). aplikasi sistem biasa seperti perhitungan sains akan berlanjut yang digunakan oleh super komputer pada generasi ini dengan menggunakn sistem database. spesifikasi pada komputer ini sudah sangat memukau sekali para penggunanya. komputer ini terdiri dari hardware,software dan brainware.

Terimakasih sudah membaca artikel saya ini semoga bermanfaat untuk anda semua dan menambah ilmu pengetahuan anda tentang perkembangan sejarah generasi komputer :D

sumber :
http://keongkartun.blogspot.com/2012/10/revolusi-komputer.html
http://ilmupengetahuan.org/sejarah-komputer-dan-perkembangannya/





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Mantap

Posting Komentar